Jumat, 24 Februari 2012

esai cerpen misi kuping oranye

(Hidup Butuh Misi)
10, februari 2012

hari ini, kami sekelas diperintahkan untuk membuat sebuah karangan tentang cerpen kakak kelas kami yang bernama Rosandra. Yaitu "Misi Kuping Oranye". Sebenarnya aku kesulitan untuk kegiatan-kegiatan mengarang seperti ini. Tapi aku harus bisa. Pelan tapi pasti. Aku mulai,,

-Misi Kuping Oranye-

Misi Kuping Oranye (MKO) yang dibuat oleh Rosandra ini cukup nengesankan, karena ceritanya yang bertemakan cinta masih bisa menghdirkan beberapa hal yang bisa dibilang lucu. Ia (Rosandra) berhasil mengungkapkan bahwa sesuatu yang kita inginkan pasti membutuhkan pengorbanan. MKO dibuat dengan gaya yang tak biasa, mungkin lebih tepatnya unik. Ia menggunakan gaya bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami. Tetapi tetap bisa menmberikan gambaran yang kuat.

Wil, Wiloni sebagai tokoh utama digambarkan sebagai perampuan yang tomboi, tetapi dibalik ketomboiannya ternyata ia memiliki berbagai kemampuan-kemampuan seorang feminin, seperti memasak dan merajut. Dan sampai pada suatu ketika ia mersakan indahnya jatuh cinta pada seorang pria yang dijumpainya di bis reyot. Ia menjulukinya "kuping oranye". Untuk mewujudkan launching cintanya yang pertama, ia membuat sebuah catatan yang dinamai "misi kuping oranye". Misi ini akan dituntaskannya dalam waktu tujuh hari. Tetapi nampaknya nasib berkata lain. Misi dari hari pertama sampai keenam gagal total karen sebuah sariawan yang menyiksa. Wil menjadi gagu'. Namun pada hari ketujuh Wil berprinsip hari ini atau tidak sama sekali. Namun saat akan memulai, seorang ibu hamil tiba-tiba masuk, ia kebingungan mencari tempat duduk, sehingga Wil merelakan tempat duduknya. Ibu hamil itu bernama tante Chandre.

Ibu hamil itu tiba-tiba mengerang-eranf kesakitan. Langsung saja kuping oranye dan bocah sariawan membawanya ke rumah sakit dengan taksi yang sudah dihentikan oleh kernet bis.

Setelah sang bayi keluar, tante Chandre bercakap-cakap dengan kedua remaja itu. Dan dari percakapan itu Wil tahu nama kuping oranye adalah Tristan, tapi biasa dipanggil Atan.

Dalam perjalanan pulang. Wil ditelepon orang tak dikenal, ternyata Atan. Ia memerintahkan Wil untuk memeriksa tasnya. Ternyata didalamnya ada buku catatan Wil yang sudah seminggu hilang. Pada sebuah halaman ada sebuah catatan baru yang intinya Atan telah membaca misi Wil. Dan Atan menerima Wil dengan menulis misi" bocah sariawan".

Mungkin seperti itulah cerita yang disamapikan pengarang. Ia mengakhiri ceritanya bukan dengan sebuah pertemuan yang romantis, tetapi hanya dengan sebuah buku catatan berisi sebuah misi.

Cerpen MKO ini memberikan kesan menarik, konyol, seru, romantis, penuh motivasi dan inspirasi (begitulah kata teman-temanku yang sudah membacanya). Ia bercerita tentang masa muda yang penuh tantangan yang menegangkan sekaligus menyenangkan. Seperti saat Wil hendak mendekati kuping oranye. Dalam hatinya berkecamuk perang armagedon tetapi ia juga merasakan sebuah kegembiraan sebesar planet Yupiter di saat bersamaan. Ia juga menyampaikan pada para pembaca bahwa hidup ini harus terncana. Tak peduli rencana itu berjalan dengan baik atau tidak, berhasil atau tidak, yang penting kita sudah berusaha sebaik mungkin. Karena keputusan terakhir tetap di tangan tuhan. Dalam hidup kita harus membuat rencana yang benar-benar matang agar tingkat kesuksesannya tinggi. Tanpa perencanaan sudah pasti hidup kita berantakan. Orang yang sudah memiliki rencana saja terkadang masih menemui kegagalan, apalagi orang yang tidak terancana, sudah pasti akan hancur.

Begitu pula dalam urusan cinta. Agar hubungan yang kita inginkan berhasil kita membutuhkan sebuah perencanaan. Seperti dalam cerpen MKO ini. Diceritakan bahwa Wil untuk mendekati Atan, ia membuat sebuah misi yang akan dilakukannya selama tujuh hari. Dan pada hari pertama sampai hari ketujuh misi itu gagal total, tetapi ia tidak menyerah. Sehingga pada bagian akhir ceritanya mereka bersatu.

Ini memotivasi kita agar tidak mudah putus asa. jangan mudah menyerah pada hal-hal sepele. Harus tetap semangat. Selain itu kita juga harus saling menolong pada sesama. Seperti dicontohkan Wil dan Atan yang rela tidak masuk sekolah untuk menolong ibu hamil dan membawanya ke rumah sakit.

Jadi kesimpulannya. Cerpen ini excellent, lumayan excellent.

ANGGA IKA W.
BLC

1 komentar:

  1. Best slot machines in the USA - Cheaper Than Cash - MicroGoy
    ‎Casino Slot Machines · ‎Dice 러시안룰렛 & 암호화폐란 Win 토토 사이트 추천 Games 안전바카라사이트 · ‎Gambling Options · ‎Live Dealer Games 포커 배열 키보드

    BalasHapus